-->

Kondisi Kesehatan Dapat Kita Ketahui dari Kuku

Kondisi Kesehatan Dapat Kita Ketahui dari Kuku

Ladiesmail - Banyak orang tidak tahu ternyata kuku dapat mengetahui kesehatan Anda, sering kali kita lihat warna kuku atau bercak yang terlihat di kuku Anda ternyata bisa memberitahukan seberapa kondisi kesehatan Anda. Bila kita cepat mengetahui, setidaknya kita dapat menyelamatkan agar kesehatan kita tidak semakin buruk.

Meski beberapa kondisi kuku sering diabaikan, seperti onikolisis atau kuku lepas, kondisi lain kadang memerlukan perhatian medis khusus dan harus mengerti gejala-gejalanya yang sebagaimana dikutip dari laman Zeenews.

Nail pitting

Pernahkah Anda menemukan lekukan kecil pada kuku seperti habis tertekan benda tajam? Jenis masalah kuku yang disebut nail pitting ini, harus diperiksa karena ada kemungkinan psoriasis. Psoriasis adalah kondisi yang ditandai dengan kulit bersisik dan berbercak merah. Ini juga bisa berhubungan dengan gangguan jaringan ikat, alopesia areata, dan sarkoidosis.

Beau’s lines

Bila Anda menemukan garis horizontal yang seolah membelah kuku Anda, ini disebut beau’s lines. Ini dapat terbentuk karena cedera kuku atau kekurangan zat zink. Jika ini muncul entah dari mana, lebih baik Anda memeriksakan ini ke dokter kulit.

Pada beberapa kasus ini dapat menjadi tanda diabetes yang tidak terkontrol, penyakit peredaran darah, serta penyakit yang berhubungan dengan demam tinggi, seperti demam berdarah, campak, gondok, dan pneumonia.

Kuku kuning

Menguningnya kuku bisa terjadi bila kuku Anda kekurangan oksigen. Ini bisa disebabkan karena penggunaan cat kuku yang berlebihan. Alasan lain yang mungkin seperti kebiasaan merokok, infeksi jamur, penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau psoriasis, atau gangguan hati.

Kuku rapuh

Meskipun ini bisa terjadi hanya karena adanya kelalaian dan pasokan nutrisi tubuh yang tidak memadai, kuku rapuh juga bisa menjadi tanda beberapa masalah kesehatan yang serius. Masalah tiroid misalnya, dapat menyebabkan kerapuhan rambut dan kuku rapuh.

Nah, dengan demikian kita pasti lebih mengerti apa yang kita alami saat kuku kita telah memberi sinyal kesehatan kita bukan? Semoga bermanfaat ya.
Advertisement

Write Comment