-->

Agar Tidak Lengket di Wajan Saat Goreng, Lakukan Hal ini

Agar Tidak Lengket di Wajan Saat Goreng, Lakukan Hal ini

Ladiesmail - Biasanya saat menggoreng ikan atau menggoreng sesuatu masakan, biasanya masakan tersebut akan lengket dengan wajan, sehingga membuat bentuk masakan tidak sempurna atau kurang menarik. Dan biasanya yang sering lengket adalah ikan, bumbu pada ikan dan kebersihan wajan menjadi salah satu penyebab kenapa ikan sering kali lengket di wajan saat digoreng.

Ikan yang lengket saat digoreng tentu akan sangat menjengkelkan dan membuat cita rasa masakan semakin berkurang. Agar hal ini tidak terjadi pada ikan Anda saat menggorengnya, ada beberapa tips yang perlu dilakukan yang sebagaimana dilansir scienceofcooking.com.

Kebersihan Wajan

Saat menggoreng ikan ataupun masakan lainnya, pastikan bahwa wajan Anda benar-benar bersih. Pastikan bahwa wajan telah kering. Pastikan pula tidak ada bekas bumbu ataupun sabun yang menempel di wajan. Bumbu yang menempel di wajan merupakan pemicu lengketnya ikan serta masakan lain di wajan saat digoreng.

Panaskan Minyak

Agar ikan tidak lengket saat digoreng, panaskan terlebih dahulu minyak di dalam wajan sebelum ikan dimasukkan. Ketika minyak telah panas, hal ini akan mempermudah ikan garing dengan baik dan mencegah dirinya lengket di wajan.

Alas Daun Pisang

Menggunakan alas daun pisang adalah salah satu cara tradisional yang kerap digunakan agar saat menggoreng ikan, ikan tidak lengket di wajan. Saat menggoreng ikan yang berukuran besar, cobalah meletakkan daun pisang sebagai alas. Ikan di atas daun pisang akan mudah terkelupas dari daun pisang dan tidak lengket di wajan.

Stabilkan Panas Kompor

Selalu usahakan untuk membuat panas kompor yang stabil saat menggoreng ikan. Jangan terlalu panas atau sebaliknya. Kompor yang terlalu panas bisa membuat ikan cepat gosong dan lengket. Sedangkan panas yang kurang, bisa membuat ikan lembek dan lengket. Selain mencegah lengket, panas kompor yang pas juga akan membuat ikan matang secara merata dan memiliki warna yang cantik.

Selamat mencoba ya dan itulah beberapa tips agar menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan. Coba tips ini dan semoga mendapatkan ikan goreng yang enak, gurih, garing serta tidak lengket di wajan ya.
Advertisement

Write Comment