-->

Teror Hantu Anggaw, Inilah Kisah Hantu Tahun 2013 yang Paling Populer di Bengkalis

Teror Hantu Anggaw, Inilah Kisah Hantu Tahun 2013 yang Paling Populer di Bengkalis

Ladiesmail - Bengkalis memang dikenal sebagai kabupaten yang asri dan wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera. Meski pulau ini sangat asri, akan tetapi hal-hal yang berbau mistik pernah terjadi di pulau ini.
Salah satu kisah hantu yang paling populer adalah Hantu Anggaw yang pernah terjadi pada tahun 2013. Dikisahkan hantu ini pertama kali muncul di daerah Cik Mas Ayu Kelurahan Rimbas Sekampung, demikian dikutip lewat laman haluankepri.com.

Kisah ini semakin heboh setelah dikabarkan hantu ini masuk ke rumah warga. Tak tahu pasti sebenarnya kabar ini benar atau tidak, akan tetapi kabar tersebut sudah menyebar ke seluruh sudut kota Bengkalis.

Tidak hanya ramai diperbincangkan warga dari mulut ke mulut, di jejaring sosial facebook juga ramai yang mengunggah status tentang penampakan hantu anggaw tersebut. Ada yang percaya dengan kabar tersebut.

"Entahlah, tak tahu dari mana asal kabar ini, tapi saya sebagai warga Rimbas tak pernah melihat hantu anggaw ini. Bukannya tidak percaya, tapi saya termasuk yang ingin melihat langsung hantu yang dihebohkan ini," ujar Nanang, tokoh masyarakat Rimbas.

Sebagian masyarakat yang lain mengait-ngaitkan isu tersebut dengan kondisi ekonomi sedang sulit sekarang ini. Ketika isu tersebut berhembus dan menyebar ke mana-mana, masyarakat jadi ketakutan dan tidak berani keluar rumah.

"Ini akal-akalan mereka yang ingin mengambil keuntungan, ketika orang banyak yang takut maka si penyebar kabar leluasa melakukan aksi, masuk ke rumah mencuri," kata seorang narasumber.

Sementara yang lain mengaitkan isu hantu anggaw dengan musim proyek. Isu hampir sama pernah terjadi sekitar beberapa tahun lalu. Tapi saat itu yang berkembang bukan hantu anggaw tapi si Kolor Ijo.

Buntut dari isu tersebut, menurut keterangan sejumlah warga banyak material proyek di pinggir jalan dikebas maling. Kini isunya tidak hanya seputar Rimbas atau wilayah kota, tapi sudah sampai ke selatbaru. Seperti dikatakan Cici, di Selatbaru juga mulai heboh dengan isu hantu anggaw.

"Di Rimbas katanya ada yang nampak dan sekarang sudah dilakukan ronda malam, makanya dia (Hantu Anggaw) pindah ke Selatbaru," cerita Cici sambil bertanya apakah betul atau tidak kabar tersebut.

Beberapa warga memang berbeda menyikapi isu tersebut, Sutrisno misalnya. Warga Senggoro ini mengatakan, isu hantu anggaw bisa membawa manusia kepada hal-hal berbau syirik. Misalnya, hantu anggaw diindentikkan dengan hantu yang punya kebiasaan masuk ke dalam rumah, mengganggu para ibu-ibu selepas bersalin, atau penghisap darah persalinan.

"Kalau sudah ada isu seperti ini, biasanya ada saja warga yang meletakkan duri-durian di atas pintu rumah, duri itu dimaksudkan untuk menghalangi agar anggaw tidak masuk. Saya pikir cara seperti ini sudah tidak benar," kata Sutrisno.

Apa sebetulnya hantu anggaw, menurut keterangan sejumlah warga hantu anggaw hanya berbentuk kepala terbang dengan usus "jeroan" menggantung tanpa badan. Sebagian masyarakat Minang menyebut anggaw dengan Palasik "palasiak".

Terlepas dengan kisah ini asli atau bukan, Ketua RT 03/04 Senggoro, Suwanda menyikapinya  dengan santai. Kalau memang masyarakat takut dan khawatir dengan isu tersebut, maka salah satu jalan penyelesaian adalah dengan melakukan ronda malam.

"Benar atau tidak memang sangat sulit dibuktikan, sebab tak tahu siapa yang pernah melihat. Tapi untuk menenangkan kondisi ini, sebaiknya dilakukan ronda malam. Ini juga sangat baik untuk menjaga keamanan kota bukan?" ujarnya.
Advertisement

Write Comment